Ada 4 (empat) tujuan dari kegiatan sales and distribution : sales volume, market share, profit dan image.
Kali ini saya ingin membahas Market Share. Banyak yang mengukur
market share produknya tapi banyak yang tidak tahu apa kegunaannya,
terutama untuk menentukan strategi jangka panjang.
Apa itu market share ?
Market
share atau pangsa pasar adalah berapa kuat dan berapa luas pengaruh
atau dominasi produk kita di pasar di bandingkan dengan keseluruhan
pemakaian/konsumsi atas produk yang sama.
Contoh
: dari 10 botol yang diminum oleh para konsumen di Jakarta 4 botol
adalah buatan kita, ini berarti bahwa market share kita adalah 40% (
4/10 x 100 % ). Berarti bahwa besarnya kekuatan dan pengaruh kita di
pasaran Jakarta adalah 40 % dari seluruh pasar minuman botol di
Jakarta.
Jika
pada tahun depan market share kita meningkat dari 40% menjadi 50%, apa
kesimpulan anda ? apakah anda akan mengatakan bahwa jumlah konsumsi kita
meningkat dari 4 botol menjadi 5 botol ?
Belum tentu. Berhati-hatilah dalam membaca market share, karena ada berbagai kemungkinan yang dapat terjadi :
- Dari 10 botol yang dikonsumsi konsumen Jakarta 5 (bukan 4 lagi ) adalah produk kita. Ini berarti konsumsi keseluruhan tetap 10 batang, konsumsi atas produk kita meningkat berarti ada perpindahan konsumsi dari produk lain ke produk kita.
- Konsumsi keseluruhan turun dari 10 botol ke 8 botol dimana konsumsi atas produk kita tetap 4 botol, (4/8 x 100 % = 50 % ).
- Konsumsi keseluruhan Jakarta turun dari 10 botol menjadi 4 botol. Konsumsi produk kita menjadi 2 botol, (2/4 x 100% = 50 % ).
Dengan mengetahui hal-hal seperti contoh diatas, kita dapat menentukan tindakan-tindakan STRATEGIS (untuk jangka panjang).
Untuk
kasus 1, contoh strateginya adalah : diadakan penambahan stock untuk
lebih meningkatkan lagi perpindahan dari produk pesaing ke produk kita
atau menambah team penjualan untuk memperluas pasar dan lain-lain.
Untuk
kasus 2, strategi kita lebih banyak mempertahankan diri dengan menjaga
penyebaran produk (Spreading). Mengingkatkan kegiatan merchandising,
menjaga perputaran stock (mencegah bad stock) memelihara harga,
meningkatkan good will dengan langganan dan lain-lain.
Untuk
kasus 3, tindakan dapat berupa pengurangan team penjualan, penghematan
biaya, penutupan pasar/daerah-daerah yang tidak potensial dan
lain-lain.
Dengan
demikian jelas bahwa pengetahuan mengenai Market Share sangat
diperlukan untuk menyusun rencana dan strategi jangka panjang dan justru
untuk meningkatkan Market Share tersebut.
0 comments:
Post a Comment