Tuesday, December 9, 2014

Penentu Tingkat Suku Bunga

Hal pertama yang kebanyakan klien atau calon trader akan tanyakan adalah, "Bagaimana suku bunga diubah?" Atau, "Apa yang bisa saya dapatkan setelah ada perubahan suku bunga?" Hal ini bisa dimengerti karena suku bunga menentukan sebagian besar kebutuhan masyarakat, misalnya seperti pembayaran bulanan Anda. Pada dasarnya, tingkat suku bunga adalah apa yang Anda bayar pada kreditur dalam pertukaran mata uang.



Secara umum, semakin lama pinjaman diberikan semakin tinggi risiko kepada pemberi pinjaman dan akibatnya cukup tinggi. Tentu saja, pengertian spesifiknya tidak sesederhana itu, karena ada sejumlah faktor yang menentukan bagaimana tingkat suka bunga ditetapkan. Berikut adalah intisari mengenai bagaimana suku bunga diatur.

Ada tiga gaya dasar yang menentukan tingkat suku bunga di Amerika Serikat, yaitu:
  1. Federal Reserve
  2. Pasar Obligasi
  3. Pinjaman Swasta

Namun artikel ini, fokus akan ditujukan pada Federal Reserve. Baru kemudian di artikel berikutnya akan dibahas mengenai pasar obligasi sekaligus pinjaman swasta.

Federal ReserveThe "Fed", seperti yang biasa disebut oleh banyak pihak, menentukan kebijakan moneter AS untuk seluruh negara. Sebelumnya tidak ada sistem bank sentral federal di AS dari tahun 178 sampai 1913. Namun hal itu berubah dengan dibuatnya Undang-Undang Federal Reserve 1913. Semenjak saat itu Federal Reserve menjadi bank sentral AS. Pada awalnya The Fed hanya sebuah institusi sebuah pemerintah federal AS.

Pada perkembangannya The Fed menjadi organisasi swasta yang dikuasai oleh beberapa orang kaya. Ada 12 bank-bank regional Sistem Federal Reserve di seluruh Amerika Serikat. Selain itu, Federal Reserve berusaha untuk terus beradaptasi pada kebijakan berbagai moneter, dalam upaya bersama untuk memerangi tekanan inflasi dan deflasi yang membawa akibat perubahan dalam perekonomian domestik atau global.

Anggota Dewan The Federal Reserve biasanya bertemu delapan kali setahun dan umumnya hanya membahas perubahan harga selama pertemuan. 12 anggota federal Reserve dapat mengontrol suku bunga dengan mengubah harga biaya bank untuk memberikan pinjaman uang.

Bagaimanakah cara The Fed memengaruhi tingkat suku bunga? Seperti halnya bank-bank komersial pada umumnya, The Federal Reserve memberikan pinjaman dana. Namun perbedaannya adalah klien The Fed bukan masyarakat umum, melainkan bank-bank komersial. The Fed pada dasarnya mengambil keuntungan dari biaya bunga pinjaman atas pinjaman yang dilakukan oleh pihak bank lain. Ini disebut tingkat diskonto. Bank atau pemberi pinjaman kemudian meminjamkan uang ke konsumen atau peminjam suku bunga utama mereka. Implikasinya jelas: semakin tinggi tingkat diskonto The Fed pada biaya bank, semakin tinggi tingkat suku bunga utama akan diberikan ke peminjam karena bank harus memenuhi persyaratan minimum yang diinstruksikan oleh the Fed.

Banyak orang berpikir ketika mereka mendengar Ketua Federal Reserve membuat perubahan kebijakan moneter dengan tingkat Perdana, secara otomatis mempengaruhi tingkat suku bunga. Tidak begitu. Kenaikan tarif Perdana atau penurunan dapat mempengaruhi Garis Depan Kredit Ekuitas (HELOC), tetapi tidak akan mempengaruhi tingkat suku bunga. Suku bunga juga berfluktuasi dengan program pinjaman yang tersedia untuk para peminjam.

Jadi suku bunga secara jangka pendek langsung berefek pada valuta asing dan secara jangka panjang akan berefek pada harga biaya di masyarakat secara umum.

0 comments:

Post a Comment