Monday, June 2, 2014

6 Hal Yang Akan Melesatkan Karier dan Meringankan Beban Kerjamu!

Sering nggak sih ngerasa capek gara – gara beban kerja yang terasa berat banget? Atau jangan – jangan kamu udah ngerasa enggak betah di tempat kerjamu yang sekarang?
Eits, jangan putus harapan dulu donk! Ada baiknya sebelum kamu mutusin buat keluar dari tempat kerjamu, kamu lakukan beberapa hal di bawah ini, siapa tahu kamu bisa lebih enjoy lagi buat bekerja!
Lalu apa aja ya?! Langsung aja nih dicoba….

1. Datanglah Tepat Waktu

Datanglah ke kantor tepat waktu
Datanglah ke kantor tepat waktu via www.thestyleking.com
Terdengar simpel dan gampang kan ya?! Tapi tunggu dulu, masuk kerja on time itu nggak gampang lho?! Apalagi buat kamu – kamu yang harus menerjang dan membelah macet untuk bisa nyampe di kantor. Duh, jalan buat ke kantor aja bisa nyampe 2 jam tau!
Masuk kerja tepat waktu memberimu beberapa keuntungan, salah satunya kamu akan dinilai sebagai seorang profesional yang bertanggung jawab. Sedangkan telat masuk kantor akan meninggalkan kesan yang buruk dan hanya akan merusakkan hari – harimu. Di samping itu kamu akan terlihat ceroboh dan tidak bisa diandalkan.” ujar Lynn Taylor, penulis buku Tame Your Terrible Office Tyrant.
Terus kalau udah dicap profesional dan bertanggung jawab ditambah dengan kerjaanmu yang mulus tanpa masalah, maka tinggal tunggu waktu aja kan buat dapat promosi dan naik jabatan.

2. Jangan Bawa Masalah Pribadimu ke Kantor

Jangan bawa masalah pribadimu ke kantor
Jangan bawa masalah pribadimu ke kantor via www.pacificmortgage.com.au
Jika suatu hari kamu merasa hari itu adalah hari sialmu dan kamu gak siap buat dunia gara – gara masalah pribadimu, maka tenangkan dirimu sebelum kamu bergumul dengan semua kerjaan yang menumpuk di hadapanmu. Jika kamu nekat mau kerja sebelum kamu tenang sih ya nggak papa, tapi tentu saja hasilnya engga bakal maksimal seperti saat kamu udah tenang dan berpikir dengan jernih kan?
“Menenangkan diri adalah cara yang bagus untuk bisa mengatur mood dan perasaanmu sepanjang hari, luangkan sedikit waktu untuk dirimu sendiri sebelum mulai sibuk dan tenggelam dalam pekerjaanmu,” jelas Michael Woodward, seorang konsultan organisasi dan penulis buku The YOU Plan.
Kamu bisa meluangkan waktu selama 5 menit untuk sekadar berjalan – jalan, memakan makanan favorit dan membuat minuman favorit, mencuci muka atau mendengarkan musik. Pokoknya lakukan hal – hal yang akan membuatmu tenang dengan waktu 5 menit tersebut.

3. Jangan Moody!

Jangan moody
Jangan moody via www.ngf-hope.org
Sadar enggak kalau emosi yang kamu miliki itu sangat berpengaruh terhadap sikap dan performamu di kantor?! Dan tak hanya itu, mood jelekmu bahkan bisa juga mempengaruhi mood rekan – rekan kerjamu, lho.
Untuk itu penting banget buat ngusahain biar moodmu selalu oke setiap harinya.
“Satu jam pertama dari jam kerjamu dapat menjadi barometer moodmu pada hari itu. Dan satu orang dengan mood yang buruk di pagi hari dapat mempengaruhi semua rekan kerjamu yang lain.” jelas Michael Keer, penulis buku Humor at Work.
Nah kan, kamu enggak mau kan jadi public enemies di kantormu?!

4. Atur Jadwal Rencana Harianmu

mulai rencanakan harimu
Mulai rencanakan harimu… via torreyshannon.com
Jika kamu engga terbiasa untuk mengatur jadwal harianmu, mulai sekarang coba deh untuk mengatur jadwal ataupun to-do list yang akan kamu lakukan dalam satu hari itu. Memiliki to-do list ini akan memudahkanmu untuk fokus pada hal – hal penting yang harus terlebih kamu lakukan.
“Banyak orang yang terganggu dengan banyaknya kegiatan yang harus mereka lakukan tiap harinya, namun anehnya mereka justru melakukan hal – hal yang sebenernya tidak begitu penting untuk dikerjakan. Kunci suksesnya adalah dengan menggunakan “waktu – waktu emasmu” untuk melakukan hal terpenting yang harus dilakukan pada hari itu.” jelas Anita Attridge, seorang konsultan karir dan hubungan organisasi.

5. Sapa dan Bekerja Samalah Dengan Rekan – Rekan Kerjamu

pupuk hubungan yang baik dengan rekanmu
Pupuk hubungan yang baik dengan rekanmu via i.huffpost.com
Sapaan dan senyuman hangat yang kamu berikan pada rekan kerjamu akan membangun mood yang baik untuk menceriakan harimu dan hari – hari mereka. Cara ini adalah cara yang paling baik untuk membangun kerjasama tim yang solid dan membuatmu lebih enjoy untuk bekerja setiap harinya.
Bahkan Michael Keer menyarankan untuk melakukan meeting pendek selama 5 – 10 menit untuk saling sharing tujuan dan berbagi informasi penting yang berkaitan dengan proyek – proyek tim kalian. Meeting pendek ini pada akhirnya akan membuat setiap anggota tim merasa terlibat dan merasa lebih dekat satu sama lain.

6. Rapikan Tempat Kerjamu

Hmm…coba bandingan dua tempat kerja di bawah ini deh:
Kantor berantakan
Kantor berantakan via fc07.deviantart.net

Kantor teratur
Kantor teratur via dako.rawrstudios.com
Tempat kerja mana nih yang membuatmu semangat untuk kerja?
Menurut Alexandra Levit, penulis buku Blind Spot: The 10 Business Myths You Can’t Afford to Believe on Your New Path to Success, tempat kerja yang rapi akan membantumu untuk fokus dan memudahkanmu untuk bekerja. Lagipula dengan tempat kerja yang rapi, kamu akan lebih mudah untuk menemukan barang – barang kecil yang sering nyelip, seperti memo dari bos dan rekan kerja tentang deadline kan?!

0 comments:

Post a Comment