Sering nggak sih ngerasa capek gara – gara beban kerja yang terasa
berat banget? Atau jangan – jangan kamu udah ngerasa enggak betah di
tempat kerjamu yang sekarang?
Eits, jangan putus harapan dulu donk! Ada baiknya sebelum kamu
mutusin buat keluar dari tempat kerjamu, kamu lakukan beberapa hal di
bawah ini, siapa tahu kamu bisa lebih enjoy lagi buat bekerja!
Lalu apa aja ya?! Langsung aja nih dicoba….
1. Datanglah Tepat Waktu

Datanglah ke kantor tepat waktu via www.thestyleking.com
Masuk kerja tepat waktu memberimu beberapa keuntungan, salah satunya kamu akan dinilai sebagai seorang profesional yang bertanggung jawab. Sedangkan telat masuk kantor akan meninggalkan kesan yang buruk dan hanya akan merusakkan hari – harimu. Di samping itu kamu akan terlihat ceroboh dan tidak bisa diandalkan.” ujar Lynn Taylor, penulis buku Tame Your Terrible Office Tyrant.
Terus kalau udah dicap profesional dan bertanggung jawab ditambah dengan kerjaanmu yang mulus tanpa masalah, maka tinggal tunggu waktu aja kan buat dapat promosi dan naik jabatan.
2. Jangan Bawa Masalah Pribadimu ke Kantor

Jangan bawa masalah pribadimu ke kantor via www.pacificmortgage.com.au
“Menenangkan diri adalah cara yang bagus untuk bisa mengatur mood dan perasaanmu sepanjang hari, luangkan sedikit waktu untuk dirimu sendiri sebelum mulai sibuk dan tenggelam dalam pekerjaanmu,” jelas Michael Woodward, seorang konsultan organisasi dan penulis buku The YOU Plan.
Kamu bisa meluangkan waktu selama 5 menit untuk sekadar berjalan – jalan, memakan makanan favorit dan membuat minuman favorit, mencuci muka atau mendengarkan musik. Pokoknya lakukan hal – hal yang akan membuatmu tenang dengan waktu 5 menit tersebut.
3. Jangan Moody!

Jangan moody via www.ngf-hope.org
Untuk itu penting banget buat ngusahain biar moodmu selalu oke setiap harinya.
“Satu jam pertama dari jam kerjamu dapat menjadi barometer moodmu pada hari itu. Dan satu orang dengan mood yang buruk di pagi hari dapat mempengaruhi semua rekan kerjamu yang lain.” jelas Michael Keer, penulis buku Humor at Work.
Nah kan, kamu enggak mau kan jadi public enemies di kantormu?!
4. Atur Jadwal Rencana Harianmu

Mulai rencanakan harimu… via torreyshannon.com
“Banyak orang yang terganggu dengan banyaknya kegiatan yang harus mereka lakukan tiap harinya, namun anehnya mereka justru melakukan hal – hal yang sebenernya tidak begitu penting untuk dikerjakan. Kunci suksesnya adalah dengan menggunakan “waktu – waktu emasmu” untuk melakukan hal terpenting yang harus dilakukan pada hari itu.” jelas Anita Attridge, seorang konsultan karir dan hubungan organisasi.
5. Sapa dan Bekerja Samalah Dengan Rekan – Rekan Kerjamu

Pupuk hubungan yang baik dengan rekanmu via i.huffpost.com
Bahkan Michael Keer menyarankan untuk melakukan meeting pendek selama 5 – 10 menit untuk saling sharing tujuan dan berbagi informasi penting yang berkaitan dengan proyek – proyek tim kalian. Meeting pendek ini pada akhirnya akan membuat setiap anggota tim merasa terlibat dan merasa lebih dekat satu sama lain.
6. Rapikan Tempat Kerjamu
Hmm…coba bandingan dua tempat kerja di bawah ini deh:
Kantor berantakan via fc07.deviantart.net

Kantor teratur via dako.rawrstudios.com
Menurut Alexandra Levit, penulis buku Blind Spot: The 10 Business Myths You Can’t Afford to Believe on Your New Path to Success, tempat kerja yang rapi akan membantumu untuk fokus dan memudahkanmu untuk bekerja. Lagipula dengan tempat kerja yang rapi, kamu akan lebih mudah untuk menemukan barang – barang kecil yang sering nyelip, seperti memo dari bos dan rekan kerja tentang deadline kan?!
0 comments:
Post a Comment